HOAX??? Apa itu??

Posted by Muhammad Irvan | Posted in | Posted on 08.44





Hoax, sebuah kata yang tak asing bagi peselancar dunia maya. tapi bagi kaum awam kata HOAX ini merupakan kata asing yang jarang sekali mereka dengar (mungkin)ivanjaya.net

kali ini saya akan membicarakan tentang kata yang satu ini.. HOAX... yap!! lets begin aja, ga' usah banyak bacot...ivanjaya.net

kita mulai dengan definisi, HOAX.
menurut google translate, hoax adalah pemberitaan palsu.
Menurut Wikipedia, HOAX adalah sebuah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu. Salah satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim sesuatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang/kejadian sejatinya. Suatu pemberitaan palsu berbeda dengan misalnya pertunjukan sulap; dalam pemberitaan palsu, pendengar/penonton tidak sadar sedang dibohongi, sedangkan pada suatu pertunjukan sulap, penonton justru mengharapkan supaya ditipu.
Menurut Artikel DISINI, Hoax adalah email peringatan atau pemberitaan palsu untuk memperdayai orang-orang agar mempercayainya yang biasanya diakhiri dengan himbauan untuk menyebarkannya seluas-luasnya. Nah, dapat saya simpulkan dari definisi-definisi di atas arti kata HOAX secara umum adalah PEMBERITAAN PALSU.ivanjaya.net

Kata HOAX sebenarnya muncul pertama kali di kalangan netter Amerika, kata HOAX didasarkan pada sebuah judul film yang berjudul The HOAX.

The Hoax adalah sebuah film drama Amerika 2006 yang distradarai oleh Lasse Hallström. yang diskenario oleh William Wheeler, film ini dibuat berdasarkan buku dengan judul yang sama oleh Clifford Irving dan berfokus pada biografi irving sendiri,serta Howard Hughes yang dianggap membantu menulis. Banyak kejadian yang diuraikan Irving dalam bukunya yang diubah atau dihilangkan dari film, dan penulis kemudian berkata, "saya dipekerjakan oleh produser sebagai penasihat teknis film, tapi setelah membaca naskah terakhir saya meminta agar nama saya dihapus dari kredit film.itu mungkin disebabkan karna plot naskah tak sesuai dengan novel aslinya, "
nah, mulai saat itulah para netter menggunakan kata HOAX.

Karena HOAX ini lebih ssering beredar di dunia LUNA Maya, maka korban yang banyak yang termakan tentu saja mereka-mereka yang sering mengakses internet. HOAX ini banyak di sebarkan oleh Si Pembuat HOAX melalui layanan e-mail dan juga banyak tersebar di situs social network seperti FACEBOOK atau TWITTER, dan Sekarang saya sering melihat 'tempat' baru HOAX, yaitu di layanan BBM (Blackberry Masangger) pada HP Blackberry. sebenarnya HOAX ini tidak terlalu mengganggu, tetapi jika yang menerima berita HOAX ini adalah seorang yang Paranoid, bisa menjadi sesuatu yang sangat meresahkan.

Sangatlah gampang membedakan berita HOAX dengan berita ASLI, yang perlu kita tau adalah ciri-ciri HOAX tersebut. ciri-cirinya kira-kira seperti ini :
  1. Didistribusikan via email, bisa juga lewat fitur-fitur lain semacam message, bulletin Friendster, atau bahkan lewat sms pun sebuah hoax dapat disebarluaskan.
  2. Isinya berisi pesan yang membuat cemas, panik para pembacanya, bahkan hoax sering dibuat sebagai lelucon untuk membuat kebingungan, memprovokasi perubahan sosial atau membuat orang-orang waspada akan sesuatu.
  3. Diakhiri dengan himbauan agar si pembaca segera memforwardkan warning tsb. ke forum yang lebih luas. Hoax ini memanfaatkan iktikad baik si pembaca, sehingga pembaca email ini tanpa meneliti lebih dahulu kebenaran beritanya, langsung segera menyebarkannya ke forum yang lebih luas. Akibatnya lalu lintas peredaran data di internet makin padat dengan berita yang tidak benar.
  4. Biasanya pengirim awal hoax ini tidak diketahui identitasnya.
yah, kurang lebih seperti itulah... saya juga masih bingung soal HOAX ini bagaimana cara membedakannya. saya punya sedikit tips agar terhindar dari HOAX ini, lumayan lah buat jaga-jaga. sapa tau aja entar ada yang ngirim e-mail ternyata isinya VIRUS..

  1. Jika mendapat suatu kabar yang belum jelas asal usulnya baik itu kabar burung, lewat SMS, BBM (bagi pengguna Blackberry), melalui e-mail, kiriman di Facebook, atau ngeliat di Timeline Twitter, sempatkan diri nanya-nanya di Mbah Google. Kali aja bisa dapat info di sono (U know lah, apasih yang ga' ada di mbah gooogle...)
  2. Banyak-banyaklah membaca baccan yang berguna, intinya perluas wawasan anda, maka anda tidak akan dengan mudah kena tipu. hehehe
  3. Stay Alert, tetap waspada.. hehehe
jika ketiga cara itu anda pake, insya allah anda terhindar dari berita palsu. Untungnya saya orang yang tidak mudah percaya, kalo dapat berita yang ga' jelas belum langsung saya percayai begitu saja..ivanjaya.net

Kalo mau artikel yang lebih banyak tenyang HOAX, silahkan masuk DISINI
Cukup sekian sedikit info dari saya, semoga bermanfaat ya...ivanjaya.net

Comments (0)

Poskan Komentar

Irvan-GoBlog